Minggu, 19 Februari 2012

Mazda RX-8 Spirit R Desain Spesial Edisi Terakhir 2012

PT Mazda Motor Indonesia (MMI), APM mobil Mazda di Indonesia, Rabu (15/2/2012) lalu merilis sport car terbaru berpenumpang empat orang untuk pasar Indonesia, Mazda RX-8 Spirit R, di pusat perbelanjaan Central Park, Jakarta.
Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia, Keizo Okue, di acara peluncuran mengatakan, mobil ini ditargetkan terjual 5 unit per bulan melalui jaringan diler Mazda di Indonesia.

Sejak peluncuran perdana di pasar Indonesia pada Juli 2008, seri pendahulunya, Mazda RX-8 EAT facelift telah terjual sekitar 300 unit. "Ceruk pasar mobil sport di Indonesia memang kecil, tapi akan terus tumbuh," kata Okue.
Mazda RX-8 Spirit R memang merupakan penyegaran dari model sport car Mazda RX-8 facelift.
RX-8 sendiri dikembangkan MMC sejak 1991 dengan basis mesin rotari di Jepang, dan model pertama mobil ini masuk Indonesia tahun 2007.

Bonar Pakpahan, Product Planner MMI mengatakan, mesin rotari pertama kali diperkenalkan Mazda tahun 1967 dengan merilis model pertama mobil Mazda bermesin rotari dengan dua penumpang, Cosmo Sport.
Mazda RX-8 Spirit R merupakan mobil edisi terakhir dan didesain paling spesial oleh Mazda Motor Company (MMC) sebelum mobil bermesin rotari ini resmi menghentikan produksinya akhir 2012 ini.

Banyak hal baru yang disematkan pada aspek eksterior dan interior mobil ini dibanding generasi facelift-nya. Antara lain, bezel pada lampu induk depan dan lampu kabut depan serta rumah stoplamp di bagian belakang yang sebelumnya berwana abu-abu menjadi hitam, juga rumah kapiler rem cakram pada roda depan dan belakang yang dulu dicat dengan warna keemasan, kini berganti dengan warna merah. Pada Mazda RX-8 Spirit R juga tersemat emblem Spirit R yang dipasang pada pilar C mobil ini.

Astrid Ariani Wijana, Manajer Pemasaran MMI menambahkan, pihaknya optimistis mobil ini akan diminati pecinta otomotif di Indonesia karena tidak ada pabrikan otomotif lain yang memasarkan sports car di kelas Mazda RX-8 Spirit R.

Khusus pasar Indonesia, MMI hanya memasarkan Mazda RX-8 Spirit dalam satu tipe, bertransmisi matik enam percepatan dan tersedia hanya dalam tiga pilihan warna, yakni aluminium metallic, sparkling black mica, dan crystal white pearl mica. MMI melepas mobil ini di harga Rp 682 juta per unit.

Okue menambahkan, meski produksi generasi sport car RX-8 akan resmi dihentikan produksinya tahun ini, Mazda masih akan terus mengembangkan mesin rotari untuk mendapatkan rancangan baru mesin rotari yang lebih efisien, makin ramah lingkungan, dan responsif.

0 komentar:

Posting Komentar