Minggu, 21 Agustus 2011

Kuman Berbahaya Dalam Tinja


Produk kesehatan - Ada berbagai jenis polutan yang dapat mencemari air dan membuatnya tidak layak untuk diminum. Meskipun logam berat relatif lebih berbahaya namun bahan organik yang berasal dari tinja tetap menjadi kontributor utama penyebab polusi air terbesar.
Feses (tinja) adalah air yang sangat tercemar. Kotoran manusia rata-rata dihasilkan antara 150 sampai 200 gram / hari. Kotoran manusia mengandung berbagai patogen atau menyebabkan penyakit.
Jenis kuman yang sering ditemukan dalam setiap gram tinja adalah sebagai berikut:
1. Salmonella (1 juta kuman)
2. Vibrio kolera (1 juta kuman)
3. Virus poliomeylitis (1 juta kuman)
4. Amoeba (10.000 kuman)
5. Escherichia coli (1 miliar bakteri)
Air yang terkontaminasi oleh kotoran manusia menghasilkan 2 jenis penyakit, yaitu penyakit yang terbawa oleh air secara langsung dan penyakit yang disebabkan oleh air-cuci. Penyakit yang disebabkan oleh air secara langsung / air yang diminum antara lain diare, kolera dan disentri, sementara penyakit yang disebabkan oleh air-cuci / air untuk mandi antara lain infeksi kulit misalnya.
Oleh sebab itu jaga selalu kondisi air agar tetap bersih & sehat. Jauhkan sumber air yang dikonsumsi baik secara langsung ataupun tidak dari sumber-sumber kotoran seperti lubang tinja dan lainnya.
Dapatkan info lain mengenai klinik Kesehatan di http://klasika.karir.com

0 komentar:

Posting Komentar